PJJ LIVE RADIO KOTA BATIK JADI SOLUSI PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Pekalongan, telah me-launching program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  melalui media TV dan radio lokal pada 01/09 kemarin, yang bertempat di LPPL Batik TV. Program PJJ live melalui Batik TV dan RKB tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah Kota Pekalongan dalam memberikan layanan pendidikan di masa pandemi Covid-19. Menyusul Batik TV, Rabu 02/09/2020 Radio Kota Batik mulai melakukan program PJJ secara live yang disiarkan pada pukul 08.00-09.00 WIB untuk tingkat TK hingga SMP, dengan mata pelajaran yang berbeda-beda setiap harinya.

Pemanfaatan radio daerah milik pemerintah Kota Pekalongan tersebut digunakan sebagai media penyampaian bahan ajar dari guru kepada peserta didik yang mendengarkan di rumahnya masing-masing. Dengan menggunakan radio sebagai media untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi karena siaran radio memiliki keunggulan, antara lain dapat menjangkau wilayah yang lebih luas, dan relatif murah serta mudah, karena tidak membutuhkan biaya pembelian kuota.

Arthy Rohjatmi, selaku pengawas SMP dinas pendidikan kota Pekalongan sekaligus koordinator guru mengajar PJJ RKB, mengapresiasi dan menyambut baik atas inovasi Dinkominfo dalam memfasilitasi kegiatan PJJ melalui siaran TV dan Radio. Arthy menyebutkan, bahwa ada 60 guru dari tingkat TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTS yang terlibat dari PJJ live RKB yang dilaksanakan mulai 2 September hingga 21 November 2020. Masing-masing guru yang mengisi PJJ live RKB diberikan waktu selama 1 jam untuk menyampaikan materi.

Trias Widya / Batik TV