PRODUKTIF DAN MANDIRI, BKL KENANGA JENGGOT CIPTAKAN BERBAGAI KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam memajukan masyarakat yaitu membentuk Bina Keluarga Lansia atau yang biasa disingkat BKL. BKL sendiri merupakan sebuah wadah kelompok kegiatan (POKTAN) yang diadakan oleh BKKBN yang merupakan sebuah upaya dalam memberikan kepedulian guna meningkatkan kualitas hidup lansia.

Di kecamatan Pekalongan selatan, tepatnya yang berada di Kelurahan Jenggot RW X terdapat Bina Keluarga Lansia "kenanga" . BKL kenanga membuat aneka kerajinan tangan yang dapat menghasilkan nilai ekonomis. Hal tersebut terlihat dari partisipasi BKL kenanga dalam kegiatan "Gebyar Kampung KB Ceria Mandiri" beberapa waktu lalu, yang menampilkan produk-produk unggulan dari kelompok kerja atau (pokja) binaan.

Sariyatun dari BKL kenanga menjelaskan beberapa produk yang diproduksinya yakni konektor masker hijab berbahan benang rajut, tasbih dan tas daur ulang. Kisaran harganya mulai dari 10.000 rupiah hingga 200.000 rupiah. Sariyatun mengaku saat ini peminat dari produk yang dibuatnya relatif cukup tinggi. Pemasaran dengan memanfaatkan teknologi komunikasi pun turut dilakukan untuk memperluas jangkauan peminat produknya, salah satunya menggunakan aplikasi whatsapp.

(Trias Widya/Batik TV)