Program Roots : Agen Perubahan Anti Perundungan SMPN 14 Pekalongan Dikukuhkan

Bullying atau perundungan masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya perundungan di dunia pendidikan, salah satunya dengan kegiatan Roots Day, sebuah program pencegahan berbasis siswa dengan mengandalkan siswa yang berpengaruh, mereka pun disebut sebagai Agen Perubahan.

Oleh karena itu,demi menciptakan suasana yang aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan belajar, Pemerintah Kota Pekalongan mengukuhkan 30 orang pelajar SMP Negeri 14 Kota Pekalongan sebagai Agen Perubahan Anti Perundungan.

Pengukuhan itu dilakukan secara simbolis oleh Walikota Pekalongan,H Afzan Arslan Djunaid, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso, Fasilitator Nasional progam roots, Nur Agustina, dan Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Kota Pekalongan, Siti Nurul Izzah dalam kegiatan Roots Day Ajang Kreasi Agen Perubahan Anti Perundungan, bertempat di Aula SMP Negeri 14 Kota Pekalongan, Senin (26/10).

Walikota Pekalongan,H Afzan Arslan Djunaid,SE menyampaikan apresiasi atas pengukuhan agen perubahan anti bullying. Menurutnya, kegiatan ini jika ditindaklanjuti dan dijalankan dengan sebaik-baiknya,maka hal ini akan menjadi awal tonggak anti bullying di Kota Pekalongan terutama di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 14 Siti Nurul Izzah membeberkan, melalui kegiatan tersebut Mereka sepakat untuk menebarkan perilaku-perilaku kebaikan melalui kreasi-kreasi yang telah mereka buat baik melalui karya poster, video, film pendek, tarian,dan sebagainya. (Irva/Batik TV)