Rajut Kebersamaan, FKUB Kunjungi Gereja HKBP

Kota Pekalongan - Guna merajut kebersamaan dan menebar kebaikan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekalongan melakukan kegiatan Safari Rumah Ibadah (Rumdah) dan Organisasi Keagamaan (Orgama) ke Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kramatsari, Kelurahan Pasirkratonkramat, Selasa malam ( 31/1/2023).

Ketua FKUB Kota Pekalongan, KH Ahmad Marzuki mengungkapkan bahwa kegiatan safari rumdah dan orgama sudah dilakukan kedelapan kali sejak akhir 2022 hingga saat ini. Gereja HKBP ini yang kali kedelapan. 

Menurut Kiai Marzuki, dampak dari kegiatan ini mulai terlihat seperti kebersamaan, semangat dan saling perhatian satu sama lain mulai meningkat.

Sementara itu, Pendeta Gereja HKBP, Pendeta Jhon Ricardo Siregar menyebutkan saat ini jumlah jemaat 105 kepala keluarga atau sekitar 520an jiwa, mulai dari usia anak-anak hingga lansia yang tersebar di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

"Terima kasih kepada FKUB, Kemenag, dan Badan Kesbangpol yang sehati merajut kebersamaan di Kota Pekalongan. Semoga dengan HKBP sebagai tuan rumah safari ke-8 ini semakin banyak lagi rumah ibadah dan orgama yang ambil bagian berpartisipasi," kata Pendeta Jhon. 

Menurut Jhon kegiatan ini dapat mendorong kerukunan di Kota Pekalongan. Harapannya kegiatan ini eksis untuk seterusnya sehingga menjadi motor penggerak semakin damainya Kota Pekalongan tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku, dan sebagainya. "Kita ini satu NKRI, NKRI tempatku, negaraku, tanah airku, semoga senantiasa aman dan sejahtera," tukas Pendeta Jhon. (Kintana/Batik TV)