Ratusan Warga Pekalongan Solat Idul Adha di Lapangan Mataram

Ratusan warga Kota Pekalongan menggelar solat idul adha di Lapangan Mataram,  senin (17/6/2024) Solat Idul Adha dilangsungkan secara khidmat, Diimami oleh Ustad Muhammad Hanapi, dan bertindak sebagai khotib, Kyai Haji Suyuti. Walikota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid bersama keluarga, hadir dalam solat Idul Adha di Lapangan Mataram.

Tidak hanya diikuti masyarakat umum, solat id di Lapangan Mataram ini juga diikuti oleh jajaran kepala OPD Pemkot Pekalongan dan Aparatur Sipil Negara.
Menurut Walikota Aaf, Suasana Solat Idul Adha di Lapangan Mataram lebih ramai daripada sebelumnya, Karena di Kota Pekalongan tidak terjadi perbedaan Hari Raya Idul Adha, sebab Pemerintah maupun Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha Jatuh pada 17 Juni.

Mas Aaf bersyukur, animo ASN dan stakeholder terkait yang ikut berpartisipasi menitipkan hewan qurbannya melalui program ASN Berqurban pun jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun. Dari yang semula hanya 6 ekor kambing, tahun lalu naik menjadi 8 ekor sapi dan belasan kambing, tahun 2024 ini bisa 10 ekor sapi dan 20an ekor kambing.

Puluhan hewan qurban tersebut disalurkan ke sejumlah masjid dan mushola yang ada di Kota Pekalongan, diantaranya Masjid Al Ikhlas Jetayu, Masjid Agung Al-Jami' Kauman dan Masjid Al Amin yang berada di Kompleks Pemerintah Kota Pekalongan untuk selanjutnya daging qurban tersebut dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima. (Kharisma/BatikTV)