Satu Satunya Di Jawa Tengah, Begini Peran Tim Trauma Healing Kota Pekalongan

Seringnya terjadi bencana Rob di Kota Pekalongan menimbulkan dampak yang berkesan bagi anak anak, sehingga pada februari lalu Dinas Pendidikan setempat membentuk tim psikolog dibantu relawan yang terdiri dari guru-guru TK dan PAUD untuk memberikan bantuan pemulihan trauma (trauma healing).

Keberadaan trauma healing hingga saat ini selalu hadir di tempat pengungsian saat terjadi bencana banjir di Kota Pekalongan. Adapun kegiatannya, anak-anak dihibur dengan kegiatan mendongeng menyanyi, menari bersama, bermain dan bergembira agar mereka betul-betul tidak memikirkan bencana yang sedang terjadi.

Tim Trauma Healing Kota Pekalongan yang saat ini berjumlah 20 anggota sudah diakui oleh Ikatan guru taman kanak kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Jawa Tengah sebagai satu satunya tim Trauma Healing di Jawa Tengah.

Koordinator Tim Trauma Healing Kota Pekalongan, Kunduri menjelaskan dalam pandemi covid-19 ini sebenarnya juga berdampak bagi anak-anak, namun pihaknya dan tim tidak bisa melakukan trauma healing demi meminimalisir penyebaran virus corona.

Kunduri menegaskan, meskipun tidak bisa melakukan trauma healing kepada anak-anak namun tim trauma healing Kota Pekalongan tidak melupakan perannya dengan tetap memberikan bantuan dengan dana yang ada kepada warga terdampak banjir rob dan covid-19.

(Irva Febriani/Batik TV)