Sektor Wisata dan Industri Kreatif Pekalongan Raya Siap Tembus Pasar Asia Pasifik dan Amerika

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia adakan bimbingan teknis sinkronisasi promosi pariwisata di pasar asia Pasifik dan Amerika yang diadakan di hall Krakatau horison Pekalongan, Rabu, 7 Agustus 2019.

Kegiatan yang Dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing daerah Pekalongan raya yaitu Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Batang. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan daerah Pekalongan raya menjadi salah satu daerah destinasi wisata bagi wisatawan asing khususnya asia pasifik dan amerika.

Dalam sambutan Walikota Pekalongan, yang diwakilkan oleh Sri Rusminingsih, menyampaikan harapannya tentang event pekan raya batik semoga bisa menjadi event nasional dan melalui bimbingan teknis ini bisa menjadikan pekalongan daerah wisata, mengingat kota pekalongan tidak memiliki sumber daya alam melainkan sumber daya kreativitas dari masyarakatnya.

Di pihak lain, Taufik Nur Hidayat, turut menyampaikan bahwa pariwisata bisa menjadi sektor penyumbang terbanyak devisa negara.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi X DPR RI, Marlinda Irwanti. Menyampaikan harapannya dari pariwisata Indonesia khususnya yg ada di Pekalongan raya, bisa menjadi peringkat 1 penyumbang devisa negara terbanyak. Selain itu,Marlinda, optimis pariwisata di Indonesia bisa menjadi sektor yang luar biasa khususnya yang ada di pekalongan raya. Terlebih lagi dalam mewujudkan industri yang kreatif.

Salah satu narasumber yang mengisi kegiatan bimbingan teknis, ary Hidayat. Menyampaikan Membangun pariwisata itu mudah, dengan komitmen yang sebenarnya tidak mudah. Dan pariwisata itu murah tapi tidak murah dalam membangun nya.Selain itu, Ary juga mengungkapkan bahwa
Wisata Alam tidak jauh berbeda dg budaya nya masyarakat sekitarnya.

Ary juga menyampaikan, dalam promosi wisata bisa dilakukan dengan Membuat narasi suatu produk yang bisa dipaketkan dengan paket wisata yang ada di pekalongan raya. Terlebih, sektor pariwisata menjadi salah satu point dari industri kreatif.
 
(reporter: Kintana)