Semarakan Hari Santri 2023, Komunitas Cakrawangsa Gelar Kompetisi Inovasi Santri 2023

Kab Batang - Dalam rangka menyemarakan Hari Santri Nasional 2023, Komunitas Cakrawangsa menggelar Kompetisi Inovasi Santri 2023. Event perlombaan bagi santri se-Eks Karisidenan Pekalongan tersebut bertemakan "Peran Santri Menghadapi Era Disrupsi dan Industrialisasi".

Diantara cabang lomba, meliputi lomba Cover Sholawat, Film Pendek, Ngaji Digital, Web Development, Desain Poster dan Fotografi. 

Lomba kreativitas dan gagasan ide bagi para santri berhadiah total Rp 20 juta itu, seluruhnya dilakukan secara virtual atau online. 
Menurut Ketua Panitia Inovasi Santri 2023, M. Irfan Hafidzi menjelaskan, bahwa lomba tersebut digelar dalam rangka menyemarakan Hari Santri Nasional 2023. Lomba sendiri digelar Yayasan Cakrawangsa Indonesia Mulia bekerjasama dengan Talenthub Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI. 

"Lomba ini sebuah gagasan untuk menggerakan para santri untuk menciptakan ide yang inovatif. Dan mengaplikasikan ide peran serta lingkungan pesantren dan masyarakat," terang M. Irfan Hafidzi, didampingi Ainur Rofik, Sekertaris Panitia Kompetisi Inovasi Santri 2023.

Dikatakan, kompetisi tersebut juga dikandung maksud, untuk membangun karakter santri, serta memposisikan santri sebagai subjek pembangunan. 

"Komunitas santri dipesantten merupakan wadah strategis, dalam pembinaan sekaligus pemetaan potensi santri yang dapat digunakan untuk membentuk SDM santri, yang memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan dimasa depan," imbuhnya. 

Untuk pelaksanaan lomba sendiri dimulai 22 Oktober - 7 November 2023, sekaligus pengumpulan hasil karya. Dan, pemenang akan diumumkan pada 12 November 2023 mendatang. 

"Seluruh tahapan lomba dan pengumuman pemenang, dilakukan secara online. Peserta dapat mendaftar melalui link pendaftaran di https://s.id/KompetisiInovasiSantri2023. Sementara, untuk Link Juknis dapat diunduh di https://s.id/PetunjukTeknisKIS23. Pengumuman pemenang diumumkan di media sosial instagram @santrinova_2023," pungkasnya. (Seiv/BatikTV)