Sempat Melonjak, Kini Harga Cabai di Kota Pekalongan Mulai Turun

Sempat melonjak drastis sejak awal bulan Juli 2019, yang di sebabkan oleh banyaknya petani cabe yang mengalami gagal panen akibat cuaca buruk, kini harga cabai mulai berangsur turun. Turunnya mayoritas harga pangan akan terjadi pada akhir Agustus 2019, khususnya cabai.

Penurunan harga cabai ini hampir terjadi di berbagai daerah, salah satunya di Kota Pekalongan. Turunnya harga cabai di rasakan oleh sebagian besar penjual dan pembeli di Pasar Grogolan. Harga cabai merah dan rawit mengalami penurunan rata-rata sebesar 20ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga cabai setan mengalami penurunan harga rata-rata sebesar 30ribu per kilogram.

Sementara itu, sebagian besar pedagang mengungkapkan bahwa harga cabai di Pasar Sorogenen sudah mulai mengalami penurunan.

Salah satu pedagang, erna, mengungkapkan bahwa harga cabai mengalami penurunan sekitar 10% dari harga 60ribu per kilogramnya.
Pedagang lain, hartanto, juga menyampaikan, harga cabai turun dari harga 50ribu perkilogram menjadi 20ribu perkilogram.

Dipihak lain, elis, salah satu pedagang di pasar sorogenen, menyampaikan, bahwa penurunan harga cabai sudah di rasakan sejak 3 hari yang lalu. Dirinya juga menyampaikan, penurunan harga cabai juga di barengi dengan naiknya penjualan cabai dilapaknya.
 
(Reporter: Kintana)