Sempat Tutup, Museum Batik Pekalongan Kembali Buka Dengan Prokes Ketat

Sempat tutup karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna meminimalisir penyebarab covid-19, Museum Batik Pekalongan kembali buka mulai 1 september 2021. Hal tersebut mengacu pada menurunnya level PPKM di Kota Pekalongan yang mana sudah turun menjadi level 2.

Meski kembali buka, Museum Batik Pekalongan membatasi kuota pengunjung museum maksimal 50 orang dari kapasitas. Serta menerapkan protokol kesehatan ketat yang meliputi pengelola maupun pengunjung wajib menggunakan masker dan cek suhu tubuhnya saat memasuki area museum.

Informasi tersebut disampaikan oleh Bagian Program dan Kerjasama Museum Batik Pekalongan, Fajar Dewa, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Ia menjelaskan bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 & 4 museum Batik Pekalongan ditutup.

Pihaknya menegaskan selama PPKM, Ia dan tim lainnya melakukan sejumlah perawatan museum baik kain, koleksi dan lainnya. Tak terkecuali pembenahan sarana dan prasarana yang menunjang penerapan prokes di area Museum Batik.

Sementara untuk jam operasional Museum Batik yakni buka setiap hari, Senin – Minggu pukul 08.00-15.00 wib. Adapun harga tiket masuk bagi pelajar seharga Rp.2.000, umum Rp.5.000, dan mancanegara Rp.10.000. (Irva/BatikTV)