Siswa SMP di Pekalngan Mulai Ikuti Penilaian Akhir Tahun Secara Online

SMP negeri 14 kota Pekalongan saat ini tengah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun atau PAT yakni penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap, yang sebelumnya disebut dengan Ulangan Kenaikan Kelas atau UKK. PAT tersebutsudah dimulai sejak tanggal 3 hingga 9 juni mendatang.
Di tengah kondisi pandemi covid-19, mengharuskan SMP negeri 14 kota Pekalongan melaksanakan PAT online yang bekerja sama dengan SMA Negeri 2 Pekalongan dengan menggunakan aplikasi smada berkibar.

PAT online ini dilaksanakan di rumah siswa masing-masing yang terdiri dari seluruh siswa kelas 7 dan 8 dengan waktu yang diberikan 90 menit untuk soal pilihan ganda. Setelah siswa selesai mengerjakan, nilai masing-masing mata pelajaran PAT online akan langsung diumumkan. Ketika skor yang diperolah siswa kurang baik, maka siswa akan diberikan remidi berupa penugasan.

Rahayu Setyorini selaku waka kurikulum SMP negeri 14 kota pekalongan menjelaskan dalam sehari siswa mengerjakan PAT online untuk 2 mata pelajaran yang dimulai 8 pagi hingga 11.30 WIB.

Rini menambahkan mengacu pada wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim bahwa pembelajaran jarak jauh akan diundur hingga akhir tahun sehingga kedepan semua sekolah dituntutuntuk mengembangkan pembelajaran jarak jauh menggunakan sistem online secara maksimal agar semakin optimal.


(Trias Widya/Batik TV)