Siswa SMPN 4 Kota Pekalongan Manfaatkan Limbah Botol Mineral Jadi Kursi

Sebagai upaya mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan, SMP Negeri 4 Kota Pekalongan mengajarkan anak tentang cara memanfaatkan limbah botol plastik bekas menjadi barang yang berguna hingga menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Setiap anak diminta untuk mengumpulkan botol-botol plastik yang sudah tidak terpakai, kemudian dari botol tersebut di susun membentuk lingkaran lalu diikat. Botol ini di bentuk menjadi sebuah tempat kursi dan di lapisi busa serta kain perlak. Sehingga jadilah kursi cantik yang bisa digunakan untuk duduk bahkan dijual.

Pemanfaatan limbah botol plastik ini masuk kedalam materi pembelajaran keterampilan dimana salah satu tujuan dari sekolah adalah mengajarkan anak agar dapat ikut melakukan gerakan sekolah bersih dan hijau dengan tidak membuang limbah plastik.

Seperti diketahui, limbah plastik merupakan limbah yang saat ini masih menjadi masalah sebab jumlahnya yang terus meningkat dan tidak mudah terurai. Disisi lain melalui kegiatan ketrampilan ini harapanya para siswa-siswi SMP Negeri 4 memiliki ide untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang lain yang bisa menghasilkan pendapatan bagi diri mereka.

(Reporter: Anggiat Lazuardi)