Sosialisasikan Sirkuit Ujian Sim C Terbaru, Kapolres Pekalongan Kota Unjuk Kebolehan.

Kota Pekalongan - Satlantas Polres Pekalongan Kota mulai memberlakukan Ujian Praktik SIM C terbaru pola huruf S di sirkuit atau lapangan Uji Praktik SIM C setempat, Senin (7/8/2023).

Ujian praktik SIM C terbaru ini diklaim jauh lebih mudah dari model sebelumnya yang ada lintasan zig-zag atau slalom dan angka 8. Kini, ujian praktik SIM C terbaru hanya berupa trek lurus dan beberapa tikungan atau belokan menyerupai huruf S.

Dalam uji coba kali ini, Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho, Kasatlantas AKP Koyim Maturrohman, dan beberapa PJU (Pejabat Utama) Polres setempat ikut menjajal lintasan sirkuit untuk ujian praktik SIM C.

Hasilnya, Semua bisa melewati ujian praktik tersebut dengan mudah. Selain itu, ada pula beberapa warga yang merupakan pemohon SIM C yang langsung mencoba dan melaksanakan ujian praktik. 

Setelah sempat gagal dalam satu dua kali uji coba, akhirnya mereka berhasil melewati ujian praktik SIM C terbaru pola huruf S ini dengan mudah. Dalam waktu kurang dari satu menit, ujian praktik ini bisa selesai dan peserta dinyatakan lulus.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Albertus Recky Robertho, mengatakan pagi ini memang uji coba pemberlakuan ujian praktik SIM C terbaru dilakukan secara serentak se-Indonesia.

Kapolres menjelaskan pemberlakukan ujian praktik SIM C yang terbaru ini, merupakan perintah dari Kapolri. Menindaklanjuti adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan kesulitan melaksanakan ujian praktik SIM C yang model lama.

Kapolres Recky mengatakan, praktik ketrampilan berkendara memang harus banyak dilatih. Maka, Satlantas memberikan coaching clinic dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencoba ujian praktik SIM C, terlebih dahulu, sebelum benar-benar mulai ujian.

AKBP Recky berharap, dengan adanya perubahan materi uji praktik SIM C dari yang tadinya ada trek zig-zag dan angka 8 menjadi hanya trek lurus dan huruf S, akan semakin memudahkan masyarakat.

Salah seorang peserta ujian praktik SIM C, Fandi Ahmad , dari Mayangan Wiradesa, mengaku ujian praktik SIM C kali ini terbilang mudah. Meskipun saat uji coba pertama dirinya sempat gagal karena, namun nyatanya ketika mencoba yang kedua kalinya sudah bisa dan dinyatakan lulus. (Seiv/BatikTV)