Stafsus Menaker RI Launching Pelatihan Future Job

Kota Pekalongan - Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI Caswiyono Rusydie Cakrawangsa me-launching Pelatihan "Future Job" pada event Tenaga Kerja Mandiri Expo (TKM Expo) 2023 yang mengambil tema "Creative 'n Wonderful Festival (CWF)" bertempat di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan.

Pada pelatihan Future Job ini, Kemnaker melalui Direktorat Bina Perluasan Kerja Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, membuka 70 paket pelatihan pada 12 kejuruan.

Adapun program kejuruan dimaksud, meliputi bidang-bidang keahlian yang dibutuhkan di masa kini dan mendatang, di antaranya videografi, desain grafis, product design, fotografi, digital marketing, virtual event organizer, mobile aplication, content creator, multimedia, web developer, animasi, serta data science

Pembukaan dihadiri oleh Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI Iwan Darmawan, didampingi Stafsus Menteri Ketenagakerjaan RI Caswiyono Rusydie CW, serta Sekda Kota Pekalongan Nur Priyantomo. Hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pemalang.

TKM Expo ini diikuti puluhan TKM dari Kota Pekalongan, Batang, Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan. Serta sejumlah komunitas dan UMKM dari Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Menurut Caswiyono, TKM Expo merupakan sarana yang strategis untuk dapat menjalin jejaring kemitraan bagi sesama peserta expo. 

Caswiyono mengungkapkan, hal yang paling dibutuhkan masyarakat sekarang ini adalah kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa.

Selain itu, imbuh Caswiyono, tujuan dari TKM Expo ini sebagai interaksi masyarakat untuk mendapatkan dukungan dalam mencapai keberhasilan program perluasan kesempatan kerja. 

Dalam pemaparannya, Caswiyono mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini menerima bonus demografi. Hanya saja, bonus demografi ini bisa menjadi berkah, bisa juga menjadi musibah. 

Maka dari itu, salah satu persiapan dan upaya yang dilakukan Kemnaker saat ini adalah menyediakan pelatihan-pelatihan dan memberikan berbagai fasilitasi agar talenta-talenta muda mampu menjemput bonus demografi.

Terlebih, di masa mendatang anak-anak muda lebih cenderung memilih wirausaha dan sektor informal. Mereka tidak lagi bergantung ke sektor formal.

Harapannya kedepan menjadi pionir untuk menjemput bonus demografi, menciptakan kesempatan kerja dan lapangan kerja baru, meningkatkan kapasitas dan kualitas karya dan produknya, serta memperluas jejaring untuk pemasaran produknya.(Seiv/BatikTV)