TNI INISIASI PENDIRIAN DAPUR UMUM DI GOR JETAYU

Komando Distrik Militer (Kodim) 0710/Pekalongan mendirikan dapur umum di GOR Jetayu Kota Pekalongan untuk menyiapkan makanan bagi pengungsi korban banjir di Kota Pekalongan, khususnya daerah di Kecamatan Pekalongan Utara. Dalam menyiapkan makanan untuk pengungsi, TNI bersinergi dengan Polri, Menwa, masyarakat, dan Pemerintah Kecamatan Pekalongan Utara.

Hal ini diungkapkan Dandim 0710/Pekalongan melalui Pasi Ops Kodim 0710/Pekalongan, Kapten Infanteri Dwi Darmasto, Kamis (11/2/2021). "Sebelumnya dapur umum kami berada di Koramil Pekalongan Utara, karena banjir kemaren pada Rabu pagi kami dirikan di sayap kanan GOR Jetayu," terang Kapten Dwi.

Kapten Dwi menyebutkan bahwa untuk aktivitas dapur umum ini dari Kodim menerjunkan 25 personil. Kemudian untuk membantu evakuasi warga (standby 24 jam) ada 25 personil juga. "Untuk menyiapkan nasi bungkus, kami dibantu menwa dan relawan lainnya," kata Kapten Dwi.

Kapten Dwi menyebutkan bahwa pihanya menyiapkan nasi bungkus dengan jumlah fluktuatif bergantung jumlah pengungsi. Terkadang juga ada permintaan untuk dibagikan di tempat pengungsian kelurahan dan warga terdampak banjir. "Rata-rata kami siapkan nasi bungkus 1.600 per waktu makan, jadi sehari sampai 5.000 nasi bungkus," papar Kapten Dwi.

Kaitannya dengan personil yang membantu evakuasi, dijelaskan Kapten Dwi bahwa personil Kodim membantu transportasi (evakuasi)warga terdampak banjir yang ingin ke mengungsi di pengungsian atau ke rumah saudara. 

"Untuk membantu/warga kami siapkan mobil Kodim. Jika lokasi rumah warga terdampak banjir terlalu dalam kami juga sudah menyiapkan tiga perahu karet," pungkas Kapten Dwi. (Batik TV)