UMKM NAIK KELAS, DEKRANASDA BEKALI PELATIHAN FOTOGRAFI PRODUK

Salah satu upaya Dekranasda Kota Pekalongan dalam membantu pelaku UMKM binaan untuk mengembangkan produknya adalah dengan menggelar pelatihan fotografi produk di aula museum batik Pekalongan, Rabu (28/9/2022).
 
Kali ini, dekranasda kota pekalongan bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Kota Pekalongan serta tim penggerak PKK.
 
Ketua Dekranasda Kota pekalongan, Inggit Soraya mengatakan, melalui pelatihan ini pelaku umkm belajar memahami perubahan perilaku konsumen, cara memotret gambar produk, cara membangun branding di dunia digital, mengembangkan pemasaran digital, mengembangkan rencana bisnis digital hingga mendatangkan penjualan.
 
Lebih lanjut, inggit menilai pola transaksi masyarakat saat ini cenderung menyukai transaksi jual beli secara online. Selain memudahkan pembeli, penjualan online juga memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan produknya hingga ke luar negeri.
 
Sehingga, pelaku UMKM dituntut untuk memasarkan produk secara digital dengan memposting foto-foto produk yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli.
 
Perkembangan pesat industri e-commerce sangat penting dalam mempromosikan dan memasarkan produk.
 
Dirinya berharap, melalui pelatihan ini, peserta tak hanya menambah wawasan namun juga bisa di implementasikan pada usaha yang dimiliki.

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber, fotografer ternama di Kota Pekalongan yakni Sarbu Riyono. Tak hanya materi, peserta juga diajak praktik secara langsung cara memotret produk dengan benar menggunakan smartphone. (Kintana/BatikTV).