Upaya Cegah Filariasis Sejak Dini

Penyakit kaki gajah (filariasis) merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. penyebaran penyakit ini terjadi di wilayah-wilayah endemik.Jika tidak segera diobati, maka penyebaran penyakit ini akan semakin meluas. penting bagi kita untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
 
Saat ini Dinas Kesehatan Kota Pekalongan juga telah menggencarkan sosialisasi pelaksanaan Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) filariasis guna memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk memutus siklus hidup cacing fliaria yang menyebabkan penyakit kaki gajah.

Cacing filaria dapat menular pada orang lain melalui gigitan nyamuk. jika pengidap kaki gajah digigit nyamuk, cacing pada pembuluh darah terbawa bersama darah dan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Penularan terjadi ketika nyamuk yang mengandung cacing filaria menggigit orang lain yang sehat dan cacing akan masuk melalui pembuluh darah. cacing filaria berkembang biak pada pembuluh getah bening dan menyumbat pembuluh getah bening yang sebabkan seseorang alami kaki gajah. Hal tersebut dijelaskan Pengelola Progam Filariasis pada Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Opik Taufiq usai sosialisasi Filariasis di Kecamatan Pekalongan Barat, belum lama ini.
 
Opik menambahkan, kasus filariasis di Kota Pekalongan berdasarkan hasil survei kementrian kesehatan di tahun 2019 ditemukan 21 penderita positif sehingga menurutnya upaya yang harus dilakukan pada setiap orang dalam mencegah penyakit ini adalah personal hygiene dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. (Irva/Batik TV)