VAKSINASI TAHAP PERTAMA DI KOTA PEKALONGAN CAPAI 74%

Pelaksanaan vaksinasi Kota Pekalongan tahap I putaran pertama telah dilakukan selama empat hari yakni mulai 25-28 Januari 2020. Sebanyak 2.334 tenaga kesehatan (Nakes) atau sekitar 74.43% telah disuntik Vaksin Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto.

Menurut Budi, dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya mengacu pada satu data yang dikeluarkan oleh Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Pada pelaksanaannya sebanyak 208 orang atau 6,61% harus ditunda akibat tidak memenuhi syarat pada saat cek kesehatan seperti tensi darah tinggi. Sedangkan 291 atau 9,25% batal vaksin sebab memiliki komorbid (penyakit penyerta) ataupun sakit.
 
Ia juga menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada nakes ataupun tokoh masyarakat yang menjadi pencanangan vaksinasi mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat ataupun gejala serius. Lanjutnya, terkait pelaksanaan putaran kedua vaksinasi akan dilakukan pada tanggal 8 Februari mendatang, melibatkan 10 tokoh masyarakat dan nakes. (Trias/BatikTV)