“JARUM EMAS”, Layanan Tanpa Antre Ala Dindukcapil

Kota Pekalongan - Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan terus melakukan berbagai inovasi terkait pelayanan kependudukan. Salah satu inovasinya yakni layanan JARUM EMAS atau Jadi Antar Rumah Menyenangkan Masyarakat.

Layanan ini memudahkan warga tanpa harus antre saat mengambil dokumen. Karena petugas akan mengantarkan dokumen kependudukan langsung ke rumah warga sesuai dengan permintaan, dan tidak dipungut biaya atau gratis.

Kepala Dindukcapil, Slamet Hariyadi menyampaikan dalam memberikan layanan tersebut dindukcapil bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Pekalongan.
Slamet Hariyadi juga memastikan seluruh layanan dindukcapil gratis, sehingga warga bisa memanfaatkan layanan yang ada dengan baik. Hingga hovember ini, tercatat sudah ada sekitar 7.073 dokumen kependudukan yang diterbitkan.

Jumlah tersebut mencakup KARTU Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Surat pindah, Akta kelahiran, Akta kematian, Akta perwakinan, Pencetakan dan perekaman KTP. Tak hanya mengoptimalkan pelayanan secara langsung di Kantor Dindukcapil, Slamet Hariyadi juga menyebutkan pelayanan terkait adminduk juga bisa dilakukan secara online yang bisa dimanfaatkan oleh warga.

(Kintana/Batik TV)